Banyak orang yang mencari untuk mempercepat koneksi internet modem mereka, tapi kita harus memahami beberapa hal yang berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet modem, supaya kita benar benar tahu batas maksimal kecepatan modem yang bisa kita dapatkan (tidak memaksakan). Berikut ini beberapa hal yang perlu kita ketahui  :
1. Paket Internet
Anda harus melihat dan berfikir terlebih dahulu tentang tarif dan paket layanan yang provider sediakan sebelum kita memilih/membeli paket internet, sehingga kita tahu dan tidak akan mengeluh jika koneksi kita lambat. Biasanya  semakin tinggi/mahal harga paket maka semakin baik pula koneksi internetnya. Biasanya paket yang murah banyak peminatnya, sehingga kemungkinan koneksi internet akan semakin lambat karena banyak di akses oleh puluhan ribu orang, sedangkan paket yang lain kemungkinanya akan lebih stabil karena hanya sedikit orang yang memakai.
2. Sinyal Modem
Sinyal modem ini sangat mempengaruhi, karena walaupun kita sudah memilih paket internet yang mahal tapi jika sinyal modem lemah akan percuma saja. Pengalaman saya waktu membeli Modem Smartfren EDVO
AC682 Rev.A, sinyalnya nol (tidak ada sinyal) karena rumah saya ternyata berada di daerah luar jangkauan smart. Setelah itu saya coba memasangkan lempengan alumunium bekas antena dalam/internal tv antena dan hasilnya ternyata cukup memuaskan sinyal modem saya penuh. Anda boleh menempelkan apa saja yang penting berbahan aluminium, pakai sendok makan juga bisa.
 
Setelah itu gunakan kabel usb yang panjang dan simpan modem ditempat yang tinggi misalnya dekat jendela/pentilasi rumah agar sinyal makin OK. Catatan : semua modem akan cepat panas jika kurang sinyal dan akan cepat rusak karena tugasnya berat dan habis energi untuk mencari cari sinyal.
3. Setting DNS
DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengkonversi hostname ke dalam IP address host yang bersangkutan untuk dikoneksikan. Jadi semakin capat suatu server menterjemahkan hostname (www.google.com, www.facebook.com, www.djiesoft.blgospot.com dan sebagainya) ke dalam IP Address nya, maka semakin cepat pula koneksi internet dan browser meload halaman web.
DNS tercepat,terkenal dan paling banyak digunakan adalah DNS Google, yaitu 8.8.8.8 atau 8.8.4.4. Untuk mengetahui secara realtime DNS mana saja yang paling cepat (karena kecepatan DSN naik turun) anda dapat gunakan software DNS Benchmark.
Anda dapat menambahkan daftar DNS yang anda tahu ke dalam "DNS.ini" yang terdapat dalam folder DNS Benchmark.Caranya buka "DNS.ini" dengan notepad kemudian ketik atau copy paste sesuai keinginana anda. Download DNS Benchmark sekarang.
4. Browser
Gunakan selalu web browser yang versi terbaru dan cepat seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan Apple Safari. Saat ini saya rekomendasikan 3 browser itu dan usahakan anda selalu Update web browser anda, karena sebuah halaman website yang menggunakan full ajax, flash, jquery, HTML5 terkadang tidak akan terbuka sempurna dan bahkan ada sebagian halaman web yang meminta anda untuk mengupdate web browser anda terlebih dahulu.

Update 2012-12-15 !
Anda juga bisa mengubah setting user, password dan dial up number, karena logikanya semakin banyak pengguna yang menggunakan nomor yang sama maka akan semakin padat dan lambat akses internetnya, berikut ini daftar yang bisa anda gunakan :

username: wap, password: wap, dial-number : *98#
username: wap, password: wap, dial-number : *31*11111#
username: cdma, password: cdma, dial-number : *31*11111#
username: smart,password: smart,dial-number : *31*11111#
username: wap, password: wap, dial-number : #777
username: cdma, password: cdma, dial-number : #777
username: smart,password: smart,dial-number : #777

Jika anda memiliki saran lain yang lebih baik atau cara yang baru tentang cara mempercepat koneksi internet modem, silahkan sampaikan pada komentar dibawah. Semoga artikel ini dapat membantu anda., Terimakasih ...
Tags :
cara meningkatkan koneksi modem, dns tercepat 2012, cara meningkatkan koneksi internet terbaru, tingkatkan kecepatan modem, modem smartfren cepat panas, mengatasi error pada modem, cara meningkatkan koneksi internet modem tri, cara meningkatkan koneksi internet modem telkom flash, cara meningkatkan koneksi internet modem huawei, trik dan tips meningkatkan kecepatan koneksi internet semua jenis modem, modem lambat, moem lemot, modem error, modem cepat panas, koneksi modem, cara koneksi modem pc, cara meningkatkan sinyal, sinyal modem lemah, memperkuat sinyal modem smartfren
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment


Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...