Mungkin anda pernah mengalami masalah pada modem, yaitu modem yang sleep (tidur) atau RTO (Request ime Out) sehingga koneksi internet anda tidak berjalan dengan baik, halaman website tidak ada yang terbuka dan bahkan bisa sampai not responding (offline). Adapun beberapa penyebabnya antara lain :

1.Modem berada di lokasi luar jangkauan yang dapat menyebabkan kurang sinyal
Untuk mengatasi hal ini saya sudah bahas di postingan saya sebelumnya. Klik disini untuk melihanya.
2.Terlalu padatnya jaringan provider atau provider sedang bermasalah

Untuk mengatasi hal ini alternatifnya adalah dengan mengganti setting DNS pada modem, saya sudah bahas di postingan saya sebelumnya. Klik disini untuk melihanya.
3.Tidak adanya aktifitas koneksi internet 

Maksudnya adalah jika anda membiarkan komputer anda / meninggalkan komputer anda atau misalnya anda mengkoneksikan internet modem tapi anda tidak membuka browser (browsing). Maka hal ini akan memudahkan modem anda sleep mode (tidur). Oleh karena itu solusinya adalah harus tetap ada aktifitas koneksi internet.Berikut ini beberapa tips yang anda dapat lakukan :
1. Membuka Facebook atau yahoo messenger, dengan tujuan fungsi chatting nya akan selalu realtime/update/reload sehingga itu akan dianggap sebagai adanya aktifitas koneksi internet.
2. Cara manual tapi sangat ampuh, yaitu dengan melakukan ping (tracker) ke website tertentu (google, yahoo dan lain lain. Caranya adalah : click start-run-ketik cmd.exe-enter/ok
Setelah muncul comman promp, ketik ping www.google.com -t -l 1 kemudian enter dan biarkan proses ini berlangsung selama anda browsing (menyalakan internet modem). Keterangan :
ping www.google.com. Ping adalah perintah yang digunakan untuk memeriksa konektivitas antar jaringan melalui sebuah protokol Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) dengan cara mengirim sebuah paket data Internet Control Message Protocol (ICMP) ke alamat IP (IP Address) yang hendak diuji coba konektivitasnya. Anda boleh mengganti google.com dengan alamat website lain, tapi saya sarankan google karena google adalah website yang aktif dan sangat mudah untuk dikoneksikan.
-t, min t adalah perintah untuk melakukan tracking terhadap suatu konektivitas
-l 1, min l (L bukan i) adalah perintah untuk mengirimkan jumlah paket data, 1 (satu) dapat anda ganti dengan berapa saja, tapi saya sarankan 1 (satu) agar tidak terlalu berat dan tidak mengganggu koneksi internet browsing anda.
Catatan : jika setelah beberapa jam koneksi internet anda terasa semakin lambat, anda dapat disconnect modem terlebih dahulu kemudian connect-kan kembali agar koneksi menjadi baru (reffresh), biasanya setelah itu koneksi internet anda akan normal kembali. Jika anda memiliki tips lain untuk mengatasi modem yang tidur ini, silahkan berikan komentar dibawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Tags :
cara mengatasi modem sleep, mengatasi modem rto, mengatasi modem tidur, tips agar modem tidak tidur, trik agar modem tidak  sleep, cara mengatas modem rto, cara agar koneksi internet tetap stabil, tingkatkan kecepatan koneksi modem smartfren, 
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment


Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...