CARA MENGAKTIFKAN MILIS (MAILING LIST)




Milis adalah sebuah grup pengguna E-mail (elektronic mail), dimana setiap anggota dapat saling berdiskusi dengan anggota lain melalui grup email yang dikenal diengan MILIS. Prinsip kerja Milis yaitu pengiriman pesan satu kali oleh anggota ataupun pemilik milis, maka pesan tersebut akan diteruskan ke semua anggota yang lain oleh milis tersebut. Jadi sangat cocok sebagai sarana berdiskusi dan belajar kelompok secara Online melalui media E-Mail. Milis bisa kita buat dari beberapa grup webmail (email berbasis web dan gratis) seperti Yahoo, dan Google.
Pertama kita harus buat dulu milis (Maling list) nya berikut cara membuat Milis :

1. Buka browser kesayangan anda, misalnya mozilla.com
2. Kemudian kunjungi situs Google.co.id
3. Lihat di bagian atas, terdapat menu utama google, lalu sobat klik menu Selengkapnya, kemudian klik GRUP (Klik pada gambar untuk memperbesar)


4. Setelah muncul Google groups, lakukan LogIn/masuk ke akun anda (lihat gambar bawah)


5. Masukkan Username/nama pengguna/email anda dan juga password/sandi ke tempat yg disediakan, lalu klik Masuk/login


6. Klik Buat Grup


7. Isi Biodata Milis sesuai dengan yang anda inginkan dan klik Buat Grup Saya


8. Masukkan kode Verifikasi yang berwarna Hijau ke kotak bawahnya, lalau klik Buat Grup Saya


9. Undang anggota untuk bergabung di milis grup, dengan cara ketik alamat email teman dan ketik pesan undangan (atau klik Abaikan langkah ini, jika anda tidak ingin mengundang sekarang)


10. Klik kunjungi grup baru anda, sekarang milis grup anda sudah jadi


11. Setelah masuk ke beranda, Klik "Mulai Topik Diskusi Baru" untuk membuat topik baru


12. Ketik Judul topik/tema yang akan dijadikan bahan diskusi dan ketik juga Isi pesannya, kemudian klik Poskan pesan. (pesan ini akan dikirim secara massal ke semua anggota)


13. Pesan anda sudah dikirim ke Milis (klik kembali ke grup)


14. Setelah muncul beranda, maka Topik diskusi yang sobat buat sudah muncul.


15. Untuk membalas dan mulai berdiskusi melalui topik tersebut, klik pada Topik, kemudian balas, maka semua anggota akan mendapatkan balasan pesan tersebut.


16. Jika sudah selesai menggunakan, maka jangan lupa sobat untuk Log Out dari halaman milis, agar tidak digunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

 
Berikut adalah cara menggunakan MILLIS (mailing list) :


  1. Pastikan Anda sudah melakukan login GMail di browser yang Anda gunakan untuk mengakses alamat group. Langkah login tidak akan dijelaskan di sini.
  2. Masuk ke alamat group tempat Anda akan mendaftarkan diri. Contoh alamat ada di paragraf atas. Nah, di sidebar sebelah kanan, cari link “Apply for group membership”, lalu klik Lagkah apply membership .
  1. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti screenshot. Ada 4 jenis penggunaan Google Group. Saya tidak akan menjelaskan langkah lainnya, tetapi saya menyarankan paling baik adalah pilihan “Email”. Setelah itu masukkan nama dan jawaban pertanyaan yang ada sesuai dengan group yang Anda masuki.
  2. Tergantung dari setting setiap mailing list, tetapi biasanya Anda harus menunggu persetujuan dari moderator milis. Moderator adalah pengguna milis yang berhak mengatur keanggotaan dan juga pengiriman pesan-pesan di milis. Biasanya Anda akan menerima email notifikasi bahwa permintaan Anda telah diterima.
  3. Setelah Anda yakin bahwa Anda telah disetujui untuk masuk group, maka Anda bisa melakukan balasan ke email yang terkirim ke alamat Anda, atau membuat pesan baru dengan mengirimkannya ke alamat email group. Misalkan, URL group di bagian akhir adalah “fuelphp-id”. Maka, pengiriman thread email baru adalah ke alamat fuelphp-id@googlegroups.com.
Pengguna Yahoo Mail dan lainnya
Pada dasarnya, setiap moderator Google Group bisa mengirim invitation yang bila diterima oleh pemilik akun Yahoo Mail, dapat langsung menerima pesan milis. Apabila Anda menerima invitation, maka Anda dapat langsung masuk dengan mengklik tombol “Accept this invitation”. Dan sayangnya, Anda mungkin harus mencari-cari kotak spam untuk menemukan email invitation tersebut.

Tapi, Anda bisa mendaftarkan diri Anda secara pribadi, tentu saja dengan langkah yang sedikit lebih rumit daripada Anda menggunakan akun Google Anda.
  1. Masuklah ke alamat google groups dengan browser Anda, kemudian klik link “Apply for membership” seperti pada langkah nomor 2 di atas.
  2. Perbedaan dari cara sebelumnya adalah karena kali ini Anda belum login akun Google, maka harus membuat akun Google khusus untuk dapat menggunakan milis dengan email Yahoo Anda. Klik link Sign up di pojok kanan atas.
  3. Anda akan dibawa ke suatu halaman yang mana Anda bisa memilih untuk mendaftar baru atau menggunakan akun email Anda yang lain. Pilih logo Yahoo untuk melanjutkan.
  4. Setelah itu, halaman login akun Yahoo Anda akan terbuka. Isikan dengan alamat email Yahoo Anda beserta passwordnya, kemudian klik tombol Sign In.
  5. Langkah berikutnya adalah Anda harus menyetujui untuk masuk ke Google dengan menggunakan id Yahoo Anda. Klik saja tombol Agree tersebut.
  6. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat akun baru, namun bisa menggunakan email Yahoo Anda. Isikan email Yahoo Anda di field yang tersedia, lalu isikan password. Password tidak harus dengan password Yahoo Anda. Setelah itu, isilah field-field lain yang ada di bawahnya.
  7. Selesai. Langkah berikutnya Anda tinggal mengikuti seperti pada penggunaan dengan GMail, pada langkah nomor 3 di atas. Tampilan yang akan Anda temukan kurang lebih sama.
Filter di GMail
Nah, untuk mencegah inbox Anda menjadi penuh, Anda bisa memfilter email dari milis ke sesuatu semacam folder, dan men-skip-nya dari inbox. Saya akan memberikan sedikit tutorial tambahan ini bagi pengguna GMail.
  1. Cara paling mudah untuk memfilter adalah setelah Anda menerima email dari milis. Bukalah header email tersebut hingga muncul informasi seperti pada gambar. Klik link “Filter messages from this mailing list” pada baris mailing list.
  2. Di bagian atas GMail Anda, kotak filter akan terbuka. Karena Anda masuk dari langkah sebelumnya, maka fielt “Has the words” sudah otomatis terisi. Klik saja tombol Next Step.
  3. Pada langkah berikutnya, Anda dapat memilih action yang diterapkan untuk email dari milis. Biasanya, saya akan men-skip dari inbox, kemudian memberikan label. Label di sinilah yang berfungsi seperti folder. Bila Anda belum membuat label yang Anda inginkan, klik “New label”
  4. Isikan nama label yang Anda inginkan. Klik tombol Create untuk melanjutkan.
  5. Proses filterisasi telah selesai. Anda bisa meng-include-kan email lain yang terdeteksi berasal dari milis yang sama, setelah itu klik tombol “Create Filter”.
  6. Anda bisa menemukan label milis Anda di sebelah kiri tampilan GMail, tepatnya di bawah link Inbox, Sent Mail, Spam, dan sebagainya.
 Silahkan DOWNLOAD Power Point  (ppt) :http://adf.ly/Eer0h
Atau klik DISINI


These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
Reaksi: 

Comments are closed.

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...