Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer

Deteksi Malware DNSChanger Pada Komputer untuk menghindari serangan virus dnschanger pada tanggal 9 Juli 2012. Peringatan deteksi malware dnschanger ini disampaikan FBI (Federal Bureau of Investigation) untuk menghindari serangan malware jahat tersebut. Sudahkah sobat mendeteksi komputer sobat dari malware dnschanger ini ? apabila belum, sebaiknya segera cek keberadaan virus nakal ini agar dapat dipastikan kondisi komputer sobat benar-benar bebas dari malware dnschanger. Mau tahu bagaimana cara cek virus jahat ini dari komputer sobat, silahkan baca terus artikel ini.


Sebelum cek keberadaan malware ini, sebaiknya kita kenalan dulu dengan malware ini. DNSChanger Malware DNS (Domain Name System) adalah layanan Internet yang mengubah user-friendly domain penuh
nama ke dalam alamat protokol Internet numerik (IP) bahwa komputer digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Bila Anda memasukkan nama domain, seperti www.werutech.com di address bar browser web Anda, komputer Anda menghubungi DNS server untuk menentukan alamat IP untuk website. Komputer Anda kemudian menggunakan alamat IP untuk mencari dan menghubungkan ke situs web. DNS server dioperasikan oleh penyedia layanan Internet (ISP) dan termasuk dalam jaringan konfigurasi komputer anda. DNS dan DNS Server adalah komponen penting dari Anda
lingkungan tanpa operasi komputer ini, Anda tidak akan bisa mengakses situs web, mengirim e-mail, atau menggunakan layanan Internet lainnya.
Penjahat dunia maya telah belajar bahwa jika mereka dapat mengontrol pengguna server DNS, mereka dapat mengendalikan situs pengguna yang terhubung ke internet. Dengan mengendalikan DNS, seorang penjahat bisa mengelabui pengguna yang tidak curiga untuk menghubungkan ke website palsu atau mengganggu pengguna online yang melakukan browsing. Salah satu cara penjahat melakukan ini adalah dengan menginfeksi komputer dengan software kelas berbahaya (malware) yang disebut DNSChanger.
Cara Mengecek Virus DNSChanger di Komputer Anda
Sudah tahukan sobat, apa itu malware DNSChanger ? sekarang mari kita ikuti cara melakukan pengecekan terhadap malware dnschanger ini pda komputer masing-masing ya.
Jika Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, silahkan buka command prompt. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih Run dari Start Menu (windows xp) dan ketik cmd atau memulai command kemudian tekan ENTER, aplikasi ini biasanya terletak di folder Accessories dalam Start Menu komputer.
Setelah pada command prompt ketik perintah berikut : ipconfig /all sehingga hasilnya dapat dilihat seperti berikut.


Cara Cek Virus Malware DNSChanger di Komputer


Carilah entri yang berbunyi "DNS Server .......... : 10.0.24.6"
DNS untuk komputer anda tentu berbeda dengan seperti yang ditampilkan di atas.
Coba perhatikan DNS Server di atas adalah 10.0.22.88, jika hasil DNS Server untuk komputer sobat ternyata diawali dengan 85, 67, 93, 77, 213, atau 64 maka DNS komputer anda sudah digunakan malware dnschanger. Segeralah cari jalan keluar untuk memperbaiki masalah ini, mohon maaf karena sampai dengan artikel ini saya tulis, saya belum menemukan solusi untuk mengatasi komputer yang sudah terserang atau terinfeksi malware dnschanger.
Selain cara di atas, ada satu cara yang cukup mudah untuk melakukan pengecekan terhadap komputer sobat agar bisa mengetahui apakah komputer anda sudah terserang malware dnschanger jahat ini. Carnya yaitu hanya dengan mengunjungi sebuah situs, pada situs yang dikunjungi tersebut langsung mendeteksi ip yang kita gunakan selanjutnya menampilkan informasi kepada kita, apakah komputer kita aman atau sudah terinfeksi malware. Bila anda mau melakukan pengecekkan terhadap komputer anda, silahkan kunjungi situs www.dns-ok.us dan lihat hasilnya.
Apabila hasilnya menjukkan bahwa resolution= Green maka, komputer anda dalam keadaan aman dan belum terserang oleh dnschanger, sedangkan apabila hasilnya menunjukkan resolution=Red maka dns komputer anda sudah digunakan oleh dnschanger.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
Reaksi: 

Leave a comment


Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...